Logo sudah seharusnya memiliki fungsi yang praktis dan tepat
guna atau efisien. Setiap perusahaan yang telah memiliki ide bisnis yang jelas
beserta dengan kelengkapan visi dan misinya haruslah diejawantahkan kedalam
bentuk logo sebagai bagian dari program marketing dan branding dari perusahaan
tersebut. Apabila dibandingkan atau dianalogikan dengan sebuah negara maka logo
perusahaan adalah lambang negara, dimana sebagai contoh di Indonesia maka
pancasila adalah lambang negara sekaligus logo dari bangsa dan negara kita
tercinta ini. Dari contoh analogi diatas maka sudah sangatlah jelas bahwa logo
adalah representasi dari ideologi organisasi entah apapun bentuknya mulai dari
tingkatan yang terbesar seperti negara, provinsi, kabupaten, kecamatan,
keluharan, desa adat hingga RT/RW maka begitu jua apabila kita ingin mendirikan
sebuah perusahaan dan bisnis yang bonafid.
Hal yang paling penting dan esensial dari program marketing, branding hingga corporate identity adalah logo. Jadi sudah sepantasnya apabila logo harus menjadi simbol pesan yang ingin disampaikan kepada pelanggan atau calon pelanggan. Dalam kehidupan sehari-hari, terutama apabila kita sedang berada dalam kawasan industri seperti Pulo Gadung, Cikarang atau Jababeka maka banyak sekali logo disekitar kita bahkan apabila kita berangkat kantor atau pulang dari pekerjaan pada saat jam-jam sibuk tersebut, logo dapat kita temui tertempel pada helm, jaket, pakaian, tas, kendaraan bermotor hingga brosur.
Hal yang paling penting dan esensial dari program marketing, branding hingga corporate identity adalah logo. Jadi sudah sepantasnya apabila logo harus menjadi simbol pesan yang ingin disampaikan kepada pelanggan atau calon pelanggan. Dalam kehidupan sehari-hari, terutama apabila kita sedang berada dalam kawasan industri seperti Pulo Gadung, Cikarang atau Jababeka maka banyak sekali logo disekitar kita bahkan apabila kita berangkat kantor atau pulang dari pekerjaan pada saat jam-jam sibuk tersebut, logo dapat kita temui tertempel pada helm, jaket, pakaian, tas, kendaraan bermotor hingga brosur.
Dari hal ini maka dapat kita simpulkan bahwa fungsi dari
logo haruslah meliputi mampu untuk ditempatkan kedalam banyak tempat, media,
ukuran dan latar belakang. Sebuah logo yang dibuat secara jelek dan asal-asalan
banyak sekali menggunakan efek-efek yang ditambahkan dari program software
graphic editing seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop, yakni antara lain
penambahan 3D embos, kilatan cahaya atau sampai tahap yang paling konyol yaitu
menggunakan foto.
Sangatlah penting untuk para pemilik perusahaan menyadari
bahwa sederhana dan efisein tidak berarti bahwa logo tersebut kehilangan
hakikat atau sesuatu yang berharga karena untuk mendukung fungsinya yang
fleksible maka logo harus sederhana tetapi masih dapat menyampaikan pesan
kepada pelanggan. Cara membuat logo yang seperti ini memerlukan pengalaman
bertahun-tahun dan pengetahuan yang cukup tentang banyak sifat dan
karakteristik dari berbagai industri. Disinilah pentingnya fungsi dari seorang
art director yang berpengalaman.
Sebuah logo yang memiliki fungsi hebat haruslah memiliki
kemampuan untuk dicetak secara offset printing, digital ataupun sablon pada
banyak media tanpa kehilangan makna dan keindahannya. Kebutuhan akan fungsi
membuat sebuah logo terbaik harus sederhana, bisa diskalakan, memberikan inspirasi
dan semangat. Penting sekali untuk membuatnya tidak terlalu kompleks dan tidak
memakai obyek yang diambil dengan kamera fotografi seperti bayangan menjadi
bagian utamanya. Sebuah logo yang baik apabila dikurangi ukurannya atau bahkan
ditambahkan serta ditempatkan kedalam berbagai media tidak kehilangan makna
aslinya sebagai tambahan ia juga haruslah dapat terlihat indah meskipun tampil
dalam warna duo tone seperti hitam dan putih saja.
Bagi anda yang menginginkan sebuah logo, di bawah ini kami sediakan beberapa logo pilihan yang siap di download.
EmoticonEmoticon